CONTOH SKRIPSI SEJARAH LAMPIRAN

blogger templates
DAFTAR INFORMAN
1.      Nama                    : Tuwadi
Agama                  : Islam
Pekerjaan              : Mantan Dhalang
Alamat                 : Dusun Nglebeng, Desa Hadiluwih, Kecamatan Ngadirojo
2.      Nama                   : Tias Singgih
Agama                  : Islam
Pekerjaan              : Sekretaris Desa Hadiluwih
Alamat                 : Dusun Jangkrik, Desa Hadiluwih, Kecamatan Ngadirojo
3.      Nama                    : Sidik
Agama                  : Islam
Pekerjaan              : Kepala Urusan (KAUR) Desa Hadiluwih
Alamat                 : Dusun Nglebeng, Desa Hadiluwih, Kecamatan Ngadirojo
4.      Nama                    : Sukarnen
Agama                  : Islam
Pekerjaan              : Kepala Rukun Tetangga
Alamat                 : Dusun Jangkrik, Desa Hadiluwih, Kecamatan Ngadirojo






Hasil wawancara dengan Bapak Tuwadi selaku dhalang wayang kulit, wawancara pada tanggal, 30 Juni 2014
Cerita yang berkaitan dengan kawruh adalah lakon Dewa Ruci Begawan Ciptaning. Garis besar lakon Dewa Ruci menceritakan tokoh Pandawa yang bernama Bima, disuruh oleh gurunya untuk mencari air hidup (tirta pawitrasasari). Pertama Bima memasuki goa Durangga berbentuk sumur dan dapat membunuh ular naga. Guru Durangga melambangkan kegelapan, ketamakan, kepalsuan, sedangkan ular naga melambangkan kejahatan dan mementingkan diri sendiri, artinya Bima disuruh untuk melakukan intropeksi diri. Kedua Bima berada di pucuk gunung Candradimuka atau Wukir Rebabu, dapat mengalahkan dua raksasa bernama Rukmuka dan Rukmakala penjelmaan Bathara Indra dan Bathara Bayu. Ini menunjukkan bahwa menunjukkan naik ke puncak gunung Candradimuka adalah pelambang keluhuran watak, kejujuran dan susila, sedangkan keduaraksasa melambangkan nafsu insani, kebodohan atau kepalsuan. Jadi dapat dimaksudkannafsu yang ada dalam diri pribadi.






Hasil wawancara dengan Bapak Tias Singgih selaku sekretaris Desa Hadiluwih, wawancara pada tanggal, 02 Juli 2014
Dunia pewayangan mengandung ajaran-ajaran filsafat dan simbolisme dalam kehidupan manusia, simbolisme tersebut terdapat pada perwujudan bentuk-bentuk wayang. Hasil karya cipta yang sarat akan simbolisme terdapat pada beberapa hal dibawah ini, yaitu:
a.       Bentuk gunungan atau kayon
b.      Kelir, blencong, gedebog (pohon pisang).
c.       Punakawan
d.      Makna simbolisme dalam pewayangan








Hasil wawancara dengan Bapak Sukarnen selaku tokoh masyarakat, wawancara pada tanggal, 04 Juli 2014
Desa Hadiluwih Kecamatan Ngadirojo merupakan salah satu desa di Kabupaten Pacitan yang masyarakatnya merupakan penggemar wayang, meskipun beberapa kesenian tradisional berkembang di desa tersebut antara lain: campursari, dangdut dan lain-lain. Setiap mengadakan acara-acara khusus seperti  peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia, syukuran perkawinan, khitanan, ternyata pementasan wayang kulit menjadi pilihan utama sebagai hiburan masyarakat Desa Hadiluwih khususnya, tetapi bagi kalangan remaja kesenian wayang kulit kurang digemari, namun dengan adanya modifikasi penampilan seperti lawak dan lain-lain para generasi muda akhirnya juga ikut menggemari dan memeriahkan pementasan wayang kulit yang ada di Desa Hadiluwih serta melestarikan salah satu budaya warisan nenek moyang.







Hasil wawancara dengan Bapak Sidiq selaku kepala urusan Desa Hadiluwih, wawancara pada tanggal, 28 Juni 2014
Wayang saat ini tidaklah sama dengan wayang masa lampau, dan wayang masa depan tidaklah sama dengan wayang masa sekarang, akan tetapi setiap perubahannya tidak mempengaruhi jati dirinya. Kesenian wayang kulit merupakan sebuah tontonan yang sangat khas sekaligus santun bagi masyarakat Indonesia umumnya dan masyarakat Desa Hadiluwih khususnya dibandingkan dengan tontonan-tontonan lain. Contoh sederhana, jarang kita dengar ada tawuran ataupun perkelahian dalam pagelaran wayang kulit, hal ini disebabkan wayang memiliki landasan yang kokoh, yaitu bamot, bamong, dan hamemangkat. Landasan itu menyebabkan memiliki daya tahan dan daya kembang sepanjang zaman, disamping itu juga adanya kebijaksanaan pengembangan wayang yang telah digariskan dengan strategi trikara dan pancagatra.

DAFTAR PUSTAKA
Andri Susanto dengan judul Wayang Beber Dan Perkembangan Islam. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2011. Jurusan Pendidikan Sejarah.
Asmoro Achmadi, 2004, Filsafat dan Kebudayaan Jawa. Surakarta: Cendrawasih.
Haryanto. S, 1998, Sejarah dan Perkembangan Wayang. Semarang: Dahara Prize.
Indri Prihatini Sigit dengan judul Persepsi Masyarakat Terhadap Makna Pementasan Wayang Kulit di Desa Banyubiru. IKIP Veteran Semarang, 2005. Jurusan. Pendidikan Sejarah.
Koentjaraningrat,1983,Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.
Koentjaraningrat. 1965, Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Aksara Baru.
Mulyono. Sri, 1993, Wayang, asal-usul, filsafat dan masa depanya. Jakarta: Gunung Agung.
Suryadi, 1990, Ilmu Budaya Dasar, Jakarta: PT Gramedia
S. Nasution, 1988, Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito
Zuriah. 2006. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




PELESTARIAN NILAI-NILAI BUDAYA MELALUI PEMENTASAN SENI WAYANG KULIT DI DESA HADILUWIH KECAMATAN NGADIROJO KABUPATEN PACITAN



SKRIPSI
 

Oleh:
NUGROHO AGUNG SETIYAWAN
NIM: 1020702025


Skripsi ini Ditulis Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan
Untuk Mendapatkan Gelar Sarjana Pendidikan
Pada Program Studi Pendidikan Sejarah


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
 PACITAN
2014

ABSTRAK

Nugroho Agung Setiyawan. Pelestarian Nilai-nilai Budaya Melalui Pementasan Seni Wayang Kulit di Desa Hadiluwih Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan seni wayang kulit, mengungkapkan makna dan simbolisme dari pementasan seni wayang kulit di Desa Hadiluwih Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan, dan untuk mengetahui upaya masyarakat Desa Hadiluwih dalam melestarikan seni wayang kulit.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian terdiri dari jaringan informan yang diwawancarai dan diobservasi yaitu Kepala Desa dan tokoh masyarakat dan warga Desa Hadiluwih. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan langkah-langkah triangulasi, pemeriksaan kembali oleh informan (cheking data) dan konsultasi ahli (member check). Kebudayaan atau tradisi masyarakat, khususnya mayarakat Jawa yang berada di daerah Pacitan pada umumnya dan di Desa Hadiluwih khususnya banyak sekali budaya-budaya yang berkembang. Contoh kecil yang dapat kita temui dalam jaman modern seperti ini adalah pelaksanaan Wayang Kulit, biasanya dilakukan pada acara nikahan,sunatan, acara hari besar dan lain-lain.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa, dalam seni pewayangan penuh dengan makna simbolis, baik yang ada dalam wayang itu sendiri maupun cerita-cerita yang terdapat dalam lakon wayang. Makna-makna yang terkandung di dalamnya penuh dengan ajaran tingkah laku dan perbuatan budi pekerti luhur. Mulai dari makna gunungan yang melambangkan sebagai sumber kehidupan di alam fana yang penuh dengan aneka tantangan, kelir yang melambangkan tentang jagad raya, blencong gambaran dari cahaya matahari sebagai penerangan dialam, gedebog mengandung makna bumi tempat kita berpijak. Punakawan melambangkan seorang pamong sekaligus penasehat bagi para kesatriayang menjadi pengayom. Cerita-cerita dalam pewayangan juga mempunyai makna sekaligus tuntunan kehidupan manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang mengakui adanya Tuhan Yang Maha Esa. Ini terlihat dalam lakon Dewa Ruci yang menggambarkan “Sangkan paraning dumadi” artinya dari manakah manusia berasal dalam perjalanan di dunia mencari hakekat hidup dan akhirnya akan kembali kepada penciptanya. Bagi masyarakat Desa Hadiluwih, pelaksanaan Wayang Kulit sangatlah berarti. Solidaritas dan rasa memiliki yang mereka miliki sangat kental dan turun-temurun. 

Kata kunci:
Pelestarian, Nilai-nilai budaya, Wayang kulit

LEMBAR PERSETUJUAN
Pelestarian Nilai-nilai Budaya Melalui Pementasan Seni Wayang Kulit di Desa Hadiluwih Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan
Oleh:
NUGROHO AGUNG SETIYAWAN
NIM: 1020702025

Skripsi ini ditulis untuk memenuhi sebagian persyaratan
memperoleh gelar Sarjana Pendidikan
pada Program Studi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Pacitan

Menyetujui:
Pembimbing I
Pembimbing II
Dra, Martini, M. Pd.
NIDN. 0715126502               
Umi Maimanah, M. Pd.
NIDN.

Mengetahui
Ketua Program Studi Sejarah
STKIP PGRI Pacitan


Dra. Martini, M. Pd.
NIDN. 0715126502 
                                    
LEMBAR PENGESAHAN
PELESTARIAN NILAI-NILAI BUDAYA MELALUI PEMENTASAN SENI WAYANG KULIT DI DESA HADILUWIH KECAMATANNGADIROJO KABUPATEN PACITAN
Oleh:
NUGROHO AGUNG SETIYAWAN
NIM: 1020702025

Dipertahankan di Depan Panitia Penguji Skripsi
Program Studi Pendidikan Sejarah
STKIP PGRI Pacitan
Tanggal: 22 Agustus 2014
TIM PENGUJI
Ketua                          : Dra. Martini, M. Pd.                         ..................................
Penguji I                      : M. Fashihullisan, M. Pd                    ..................................
Penguji II                    : Sri Dwi Ratnasari, S. sos. M. hum.   ..................................  

Pacitan, 22 Agustus 2014
Mengetahui,
Ketua STKIP PGRI Pacitan,


Dr. H. Maryono, M. M.
NIDN. 0719035601


PERNYATAAN KEASLIAN
Yang bertanda tangan di bawah ini:
            Nama                           : Nugroho Agung Setiyawan
            NIM                            : 1020702025
            Program Studi             : Pendidikan Sejarah
Dengan ini saya menyatakan bahwa skripsi ini merupakan hasil saya sendiri dan belum pernah diajukan untuk mendapatkan gelar kesarjanaan di suatu Perguruan Tinggi dan sepanjang pengetahuan saya dalam skripsi ini tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah ini dan di sebutkan dalam daftar pustaka.

                                                                  Pacitan, 22 Agustus 2014

                                                  NUGROHO AGUNG SETIYAWAN







MOTTO







Pengetahuan dan kepandaian tanpa iman membuat orang menjadi sombong, dan kesombongan akan membawa kehancuran, (Abdul Ghofur).








LEMBAR PERSEMBAHAN









Karya ini saya persembahkan untuk:
Ibu, bapak, kakak, dan saudara-saudara semua, terima kasih untuk cinta, kasih sayang, pengorbanan dan doa yang tiada pernah henti diberikan kepada saya, semoga suatu saat saya bisa membalasnya,
dan juga untuk Almamater Tercinta STKIP PGRI Pacitan









KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai ungkapan rasa syukur, yang telah memberikan taufik dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan skripsi ini dengan baik.
Skripsi dengan judul Pelestarian Nilai-Nilai Budaya Melalui Pementasan Seni Wayang Kulit di Desa Hadiluwih Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan akhirnya dapat penulis selesaikan. Skripsi ini merupakan salah satu tugas akhir dalam menyelesaikan kuliah Program Strata Satu (S1) pada Program Studi Pendidikan Sejarah. Sumbang saran dari berbagai pihak akan sangat penulis harapkan demi kesempurnaan karya ini.
Sebagaimana karya pada umumnya, penulisan skripsi ini tidak lepas dari peran pihak lingkungan yang turut memberikan sumbangsihnya, untuk itu penulis ucapkan terima kasih dan penghormatan kepada:
1.      Dr. H. Maryono, M.M selaku Ketua STKIP PGRI Pacitan;
2.      Pembantu Ketua I, II, dan III STKIP PGRI Pacitan;
3.      Dra. Martini, M. Pd, selaku Ketua Program Studi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Pacitan;
4.      Kabiro STKIP PGRI  Pacitan;
5.      Dra. Martini, M. Pd, selaku Dosen pembimbing I, yang dengan ketulusan dan kearifan telah membimbing dan mengarahkan penulis demi penyelesaian skripsi ini;
6.      Umi Maimanah, M. Pd, selaku Dosen pembimbing II, yang dengan sabar dan penuh keiklasan memotivasi penulis untuk terus membuka cakrawala pengetahuan;
7.      Bapak-Ibu Dosen STKIP PGRI Pacitan, karena berkat ilmu yang diajarkannya telah membukakan pikiran, mata dan hati penulis sehingga bermanfaat dalam penelitian ini;
8.      Staf perpustakaan STKIP PGRI Pacitan dan UPT Perpustakaan Daerah Pacitan yang telah menyediakan buku-buku, sehingga membantu kelancaran penyelesaian skripsi ini;
9.      Terima kasih kepada keluarga, saudara dan teman-teman yang memberikan dukungan material, maupun immaterial guna terselesainya skripsi ini;
10.  Kepada semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu yang telah membantu penyelesaian tugas ini penulis ucapkan terima kasih.
Akhirnya penulis memanjatkan doa, semoga Allah SWT, memberi balasan pahala kepada Bapak, Ibu dan Saudara semua, dan mudah-mudahan Skripsi ini bermanfaat sebagai sumbangan ilmiah bagi kelangsungan tradisi keilmuan. Amin

                                                                        Pacitan, 22 Agustus 2014
                                                            Penulis


NUGROHO AGUNG SETIYAWAN



DAFTAR ISI

Halaman Judul ................................................................................................. i
Abstrak ............................................................................................................ ii
Lembar Persetujuan ......................................................................................... iii
Lembar Pengesahan ......................................................................................... iv
Pernyataan Keaslian ........................................................................................ v
Moto ................................................................................................................ vi
Lembar Persembahan ....................................................................................... vii
Kata Pengantar ................................................................................................ viii
Daftar Isi ......................................................................................................... x
Daftar Tabel ..................................................................................................... xiii
Daftar Gambar ................................................................................................. xiv
Daftar Lampiran .............................................................................................. xv
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ................................................................................... 1
B.     Identifikasi Masalah ........................................................................... 4
C.     Pembatasan Masalah .......................................................................... 5
D.    Rumusan Masalah .............................................................................. 5
E.     Tujuan Penelitian ................................................................................ 6
F.      Manfaat Penelitian ............................................................................. 6
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A.    Kajian Teori......................................................................................... 8
1.      Pelestarian..................................................................................... 8
2.      Nilai-nilai Budaya ........................................................................ 10
3.      Pengertian Wayang....................................................................... 12
4.      Sejarah Wayang ............................................................................ 14
B.     Kajian Penelitian yang Relevan .......................................................... 14
C.     Kerangka Pikir .................................................................................... 15
D.    Pertanyaan Penelitian ......................................................................... 17
BAB III METODE PENELITIAN
A.    Jenis Penelitian.................................................................................... 18
B.     Tempat dan Waktu Penelitian............................................................. 19
1.      Tempat Penelitian.......................................................................... 19
2.      Waktu Penelitian .......................................................................... 19
C.     Subyek dan Obyek Penelitian ............................................................ 20
1.      Subyek Penelitian  ........................................................................ 20
2.      Obyek Penelitian .......................................................................... 21
D.    Tekhnik dan Instrumen Pengumpulan Data ....................................... 21
1.      Tekhnik Pengumpulan Data  ........................................................ 21
2.      Instrumen Pengumpulan Data ...................................................... 22
E.     Keabsahan Data ................................................................................. 23
F.      Teknik Analisis Data .......................................................................... 24
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Deskripsi Data .................................................................................... 26
1.      Gambaran Umum Desa Hadiluwih .............................................. 26
2.      Pengertian Seni Budaya ............................................................... 35
B.     Pembahasan......................................................................................... 36
1.      Perkembangan Seni Wayang kulit di Desa Hadiluwih Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan   .................................................................................................. 36
2.      Makna dan Simbolisme Seni Wayang Kulit di Desa Hadiluwih Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan .......................................................................................... 37
3.      Upaya Pelestarian Seni Wayang Kulit Masyarakat Desa Hadiluwih Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan .......................................................................................... 40
BAB V PENUTUP
A.    Kesimpulan ......................................................................................... 42
B.     Implikasi ............................................................................................. 43
C.     Keterbatasan Penelitian ...................................................................... 44
D.    Saran ................................................................................................... 44
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN








DAFTAR TABEL

Tabel 1: Batas-batas Wilayah Desa Hadiluwih..................................................... 25
Tabel 2: Jumlah Penduduk ................................................................................... 26
Tabel 3: Tingkat Pendidikan Formal Desa Hadiluwih.......................................... 27
Tabel 4: Mata Pencaharian.................................................................................... 28
Tabel 5: Prasarana Transportasi Darat .................................................................. 29
Tabel 6: Luas Wilayah .......................................................................................... 29
Tabel 7: jenis Populasi Ternak............................................................................... 31
Tabel 8: Tingkat Partisipasi Politik........................................................................ 31
Tabel 9: Lembaga Ekonomi dan Unit Usaha........................................................ 32













DAFTAR GAMBAR
Gambar 1: Kerangka Pikir .................................................................................... 16
Gambar 2: Teknik Analisis Data .......................................................................... 24














                                                       







DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1:       Surat Ijin Penelitian dari STKIP PGRI Pacitan
Lampiran 2:       Surat Keterangan Penelitian dari Desa Hadiluwih Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan
Lampiran 3:       Daftar Informan
Lampiran 4:       Foto Kegiatan Penelitian dan wawancara






0 Response to "CONTOH SKRIPSI SEJARAH LAMPIRAN"

Post a Comment

Syarat dan Ketentuan

Dari situs http://pacitanku9.blogspot.com/ ini secara khusus, serta untuk keamanan dan kenyamanan pengguna maupun pengunjung dalam beraktivitas dan berinteraksi di situs ini, pengguna atau pengunjung tidak diperkenankan melakukan hal-hal berikut:
  • Memplagiasi konten dalam jenis apapun dengan cara apapun baik sebagian maupun keseluruhan.
  • Mempos komentar yang mengandung unsur SARA, spam, dan pornografi.
  • Mempos komentar yang menyertakan link yang mengarahkan ke halaman yang berbau SARA, spam, dan pornografi.
  • Mempos komentar yang menyertakan gambar yang berbau SARA, spam, dan pornografi.
  • Mempos komentar yang berisi materi ilegal.