KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Alhamdulillah
segala puji bagi Allah SWT, Rabb Sang
Pemilik dunia dan seisinya, tiada Tuhan selain Allah dan hanya
kepada-Nya lah kita patut memohon dan berserah diri. Hanya karena nikmat
kesehatan dan kesempatan dari Allah-lah penulis dapat menyelesaikan Laporan Akhir Individual KKN STKIP
PGRI Pacitan Angkatan ke-22, di Dusun Ngancar Desa Ngancar Kecamatan Giriwoyo Kabupaten Wonogiri. Shalawat selalu kita haturkan kepada
junjungan kita Nabi Muhammad SAW Sang kekasih Allah, dengan syafaat dari
beliaulah kita dapat terbebas dari zaman jahiliyah.
Penulis menyadari bahwa selama pembuatan Laporan
Akhir Individual
sebagai
syarat kelulusan jenjang pendidikan ini tidak akan terselesaikan dengan baik tanpa adanya
bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, baik secara materiil dan moril
secara langsung maupun tidak langsung, maka dari itu tidak lupa penulis ucapkan
terima kasih kepada:
1.
Drs. H. Maryono,MM, selaku Ketua STKIP PGRI Pacitan.
2.
Bapak Mukodi, M.Si, selaku Kepala LPPM STKIP PGRI Pacitan.
3.
Bapak Edi Irawan, M.Pd, selaku Dosen Pembimbing Lapangan.
4.
Bapak Didik Purwanto selaku Kepala Desa Ngancar Kecamatan Giriwoyo beserta
Staf-stafnya.
5.
Bapak Kepala Dusun Ngancar beserta para Ketua RT.
6.
Bapak Sutarjo beserta keluarga yang telah bersedia menampung
kami dengan segala keramahtamahan dan rasa kekeluargaan yang luar biasa.
7.
Seluruh masyarakat Dusun Ngancar desa Ngancar yang telah
memberikan apresiasi positif dan sambutan yang begitu baik atas kedatangan mahasiswa KKN.
8.
Segenap pihak yang telah berpartisipasi dalam
melancarkan kegiatan KKN STKIP PGRI Pacitan Angkatan ke-22 ini.
Penulis menyadari Laporan Akhir Individual ini masih jauh dari kesempurnaan
dan banyak kesalahan. Oleh karena itu segala kritik dan saran yang membangun
sangat diharapkan demi kesempurnaan penyusunan laporan ini di lain waktu.
Semoga laporan ini bermanfaat bagi penulis
khususnya dan bagi pihak lain pada umumnya. Apabila terjadi kesalahan dalam
penulisan laporan ini, penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Wassalamu’alaikum, Wr.Wb
Wonogiri,12
Mei 2014
Penulis
Setelah diadakan pengarahan,
bimbingan, koreksi dan perbaikan seperlunya, Laporan Pelaksanaan Program
Individu KKN Tematik Posdaya Angkatan ke-22 STKIP PGRI Pacitan Tahun
Akademik 2013/2014
NAMA
: RIZKI
BERTA KURNIAWAN
NIM
:
1088203028
PROGRAM
STUDI : PENDIDIKAN BAHASA
INGGRIS
DUSUN
: NGANCAR
DESA
: NGANCAR
KECAMATAN
: GIRIWOYO
KABUPATEN
: WONOGIRI
PROVINSI : JAWA TENGAH
Maka dipandang sudah memenuhi
syarat untuk diajukan sebagai Laporan Pelaksanaan Program Individu KKN Tematik
Posdaya Angkatan ke-22 STKIP PGRI Pacitan Tahun Akademik 2013/2014..
Demikian pengesahan ini kami
berikan, semoga dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Kepala
Desa NGANCAR
DIDIK PURWANTO
NIP................
|
Wonogiri,01 mei 2014
Dosen
Pembimbing Lapangan
EDI IRAWAN M.Pd.
NIDN. 0719017103
|
DAFTAR ISI
Halaman
Judul......................................................................................... i
Kata
Pengantar........................................................................................ ii
Halaman
Pengesahan............................................................................... iv
Daftar
Isi................................................................................................. v
BAB
I PENDAHULUAN..............................................................
A. Gambaran Umum Wilayah..............................................
B. Gambaran Umum Masyarakat Sasaran............................
C. Identifikasi
Masalah.........................................................
D. Pemilihan
masalah...........................................................
E.Tujuan
pelaksanaan..........................................................
F. Manfaat............................................................................
BAB
II PROGRAM KERJA
A. Bidang Pendidikan.......................................................
B. Bidang
keagaamaan......................................................
C. Bidang
kesehatan..........................................................
D. Bidang
kewirausahaan...................................................
E. Bidang
lingkungan hidup...............................................
BAB
III Penutup
A. Kesimpulan
B. Saran
LAMPIRAN..................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
Puji
syukur alhamdullilahi robbil ‘alamin kehadirat Allah SWT, atas segala rahmat
dan karunia-Nya yang diberikan, sehingga kami dapat melalui perjalanan waktu
selama satu setengah bulan ini , tepatnya di DusunNgancar
dalam rangka melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) STKIP PGRI Pacitan angkatan
ke-22 tahun akademik 2013/2014.
Selama berada di lokasi tersebut, banyak pengalaman dan hal baru yang kami
peroleh dan Insya Allah mudah-mudahan
akan bermanfaat di masa selanjutnya.
Pelaksanaan
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan manifestasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi
yang ketiga, yaitu mengabdikan diri pada masyarakat. Pelaksanaan Progam Kuliah Kerja Nyata
dilaksanakan oleh Perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri. Hal ini
dilaksanakan untuk membantu pemerintah dalam melaksanakan kegiatan pembangunan
di segala bidang dan pembangunan tersebut ditujukan untuk mewujudkan masyarakat
Indonesia yang adil dan makmur, baik material maupun spiritual berdasarkan
Pancasila dan UUD 1945.
Pelaksanaan
Kuliah Kerja Nyata dimaksudkan membantu masyarakat desa, khususnya desa
tertinggal dalam memecahkan permasalahan yang timbul. Dalam melaksanakan dan
mensukseskan pembangunan di
desa, sukses atau tidaknya suatu pembangunan di pedesaan tidak hanya ditentukan
oleh partisipasi dari perangkat desa dan tokoh desa tersebut, melainkan
ditentukan oleh partisipasi dari seluruh masyarakat desa tersebut. Peran serta mahasiswa KKN hanya sebagai motivator dan
dinamisator dari seluruh progam pembangunan desa. Peran serta mahasiswa KKN
diharapkan mampu meningkatkan pemahaman pentingnya
pendidikan bagi masyarakat untuk mencapai suatu kesejahteraan.
Penyelenggaraan Program KKN STKIP PGRI Pacitan angkatan ke-22 di Kabupaten Pacitan ini bertemakan POSDAYA namun dalam
Laporan Akhir Individual ini lebih dititikberatkan dalam pemberdayaan
pendidikan. Hal inilah yang sesungguhnya diharapkan oleh segenap masyarakat
yang bersangkutan.
A.
Gambaran
Umum Wilayah
Desa Ngancarmerupakan bagian dari
kecamatan Giriwoyo Kabupaten Wonogiri Provinsi Jawa Tengah.. Desa ini
berbatasan langsung dengan:
Sebelah
Utara : Desa Bumiharjo kecamatan Giriwoyo
Sebelah
Selatan : Kelurahan Girikikis kecamatan Giriwoyo
Sebelah
Timur : Desa tukulrejo kecamatan Giriwoyo
Sebelah
Barat : Desa Guwotirto kecamatan Giriwoyo
Dengan jumlah
penduduk dan secara administrasi dibagi menjadi beberapa dusun diantaranya:
1.
Dusun NGANCAR
2.
Dusun DUNGRINGIN
3.
Dusun DUNGBENDO
4.
Dusun KARANGASEM
5.
Dusun JETIS
6.
Dusun PETIR
7.
Dusun TAPAN
8.
Dusun
GLONGGONG
Adapun orbitasi Desa Ketanggung yang menjadi lokasi kelompok 42 adalah:
Jarak
dari kota Kecamatan :4km
Jarak
dari kota Kabupaten :40 km
Desa
ngancarterletak di wilayah
pedesaan yang jalannya menanjak Jalan menuju desa ini merupakan jalan yang sedang dibuat
menanjak dengan kemiringan kurang dari 45°. Dengan kondisi perbukitan, desa ini
kaya dengan hasil-hasil hutan dan pertanian. Desa ngancar
memiliki sumber air yang cukup pada musim penghujan. Namun pada musim kemarau
di beberapa dusun akan kekurangan air. Ini disebabkan karena struktur tanah di
Desa ngancar
antara satu dusun dengan dusun lain tidak sama.
Adapun lokasi yang
menjadi tempat KKN kelompok 38 berada di Dusun Tanggung yang berbatasan langsung dengan:
Sebelah
Utara : Dusun dungbendo
Sebelah
Selatan : Dusun petir
Sebelah
Timur : Dusunglonggong
Sebelah
Barat : Dusun jetis
Dengan jumlah
penduduk
jiwa dan secara
administrasi dibagi menjadi beberapa RT diantaranya:
1.
RT
1
2.
RT 2
3.
RT 3
4.
RT 4
5.
RT 5
6.
RT 6
7.
RT 7
8.
RT 8
Adapun orbitasi
Dusun Ngancar yang
menjadi lokasi kelompok 38 adalah:
Jarak dari pusat Desa :
2 km
Jarak dari ibu kota Kecamatan : 14 km
Jarak dari ibu kota Kabupaten :75 km.
B. Gambaran
Umum Masyarakat Sasaran
Dusun Ngancarmemiliki kondisi yang cukup terjal, banyak tanjakan
maupun tikungan dengan kondisi aspal jalan yang sudah rusak. Banyak lubang,
serta kerikil yang membahayakan bagi pengguna jalan. Sebagian lagi merupakan
wilayah dengan perbukitan yang yang tinggi dengan medan jalan tanah, dan
makadaman. Namun ketersediaan air diwilayah ini juga mencukupi. Pada umumnya tingkat pendidikan
masyarakatnyamasih
minim, menyebabkan masyarakat tidak mempunyai keahlian lain sehingga kegiatan
masyarakat adalah petani dan pekebun.contohnya padi,kacang panjang,cabai
ijo,kedelai,melon,jagung dll. Hanya beberapa anggota
yang menjadi produksi home industry seperti enting enting,roti,kue
donat,jajanan kecil.
DusunNgancarterdiridari KS
(KepalaSomah) atau93 KK (KepalaKeluarga) yang
terbagidalam8 RT. Kacang,MayoritaspendudukTanggungsebagaipetani, wiraswastadanada yang menjadi PNS. Dengan kondisi geografi dan demografi seperti ini
maka permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat Dusun Tanggung juga tidak terlepas dari kondisi-kondisi tersebut.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada
tanggal 29 April 2013 di Dusun Tanggung melalui dialog dengan perangkat desa, tokoh agama,
tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan masyarakat, dapat diuraikan perincian masalah yang dihadapi di
lokasi ini sebagai berikut:
1.
Bidangkeagamaan
Kesadaran keagamaan masyarakat Dusun Ngancar sudah cukup tinggi, ini dibuktikan dengan
banyaknya masjid sebagai sarana ibadah. Namun yang perlu
dikembangkan adalah pendalaman dan pengamalannya, sehingga religiusitas warga
masyarakat semakin meningkat melalui kegiatan-kegiatan keagamaan seperti TPQ, pengajian/Yasinan rutin, shalawatan, manakiban, muslimatan, dan
lainya.
2.
Bidangkewirausahaan
Kesadaran industri rumah tangga masyarakat
dusun Ngancar kurang memadai dalam
berindustri.karena mata pencahariaan sehari hari adalah petani yang
menghasilkan padi,kacang panjang,palawija,jagung,kedelai,buah melon,dancabai
hijau. Oleh karena itu penduduk yang berindustri rumah tangga hanya sedikit.
Masyarakat disana sebagian berindustri membuat tempe,enting enting
kacang,kripik,dan kue donat. Oleh karena itu melalui kegiatan kkn ini
memberikan peluang kepada masyarakat untuk membuat roti kabin dan
salepisang,karena hasil olahan dapat didapat .
C.
IdentifikasiMasalah
1.
Bidang Keagamaan
a.
Minimnya
pengetahuan agama pada anak-anak dan remaja
b.
Kurangnya
pendalaman keagamaan dalam masyarakat
c.
Kurangnya
pengamalan ilmu keagamaan dalam masyarakat
d.
Perlunya
meningkatkan keimanan dan ketakwaan.
.
2.
Bidang kewirausahaan.
a.Perlunya penyuluhan tentang industri rumah tangga.
b.Perlunya industri makanan ringan yang didapatkan hari hasil kebun
yaitu
buah pisang dan ketela.
c.
Perlunya perkembangan industri rumah tangga yang menghasilan mutu
yang terjamin dan awet untuk konsumsinya dapat memasarkan produk
sale pisang
d.Perlunya pemasaran produk kepada pembeli.
D.Pemilihan
Masalah
Bidang keagamaan
a.kehidupan religius di dusun
Ngancar sangat rukun aktif dalam kegiatan
masjid secara berjamaah.
b. anak anak tk dan sd setiap
sore melakukan kegiatan belajar mengaji di TPA.
c.bapak bapak dan ibu ibu
aktif dalam mengikuti pengajian rutin dan tahlilan.
Bidang kewirausahaan
a.Secara geografis bidang
pertanian lebih diutamakan.
b. hasil kekayaan di desa
ngancar adalah petani padi dan cabai hijau yang
merupakan hasil yang
sangat banyak.
c.masyarakat yang berindustri
rumah tangga hanya sebagian kecil yang
mengolahnya.
E.TUJUAN
PELAKSANAANYA:
BIDANG KEAGAMAAN
A.Ajakan kepada keluarga
dengan anggota anak anak ,remaja dan dewasa
Dengan tujuan agar kedua
orang tua mengajak anak anaknya melaksanakan
Ajaran agama secara konkret melalui
partisipasi dalam kegiatan Posdaya
Berupa kegiatan peduli
sesama anak bangsa atau kegiatan sosial lainnya.
B. Menyelenggarakan berbagai lomba yang bernuansa keagamaan untuk
Merangsan minat dan
mutu pendalaman keagamaan di daerah yang
Bersangkutan.
BIDANG KEWIRAUSAHAAN
A.
Mendorong
agar keluargakeluarga muda yang belum berusaha dan tidak bekerja,agar mulai
berusaha dan bergabung dengan kelompok kelompok usaha mikro dan kecil yang
telahada di sekitar tempat kediamannya.
B.
Pembinaan
industri kecil makanan dan kerajinan
C.
Pembinaan
teknis produksi industri kecil makanan
D.
Penyuluhan
tentang industri kecil atau rumah tangga tepat guna
E.
Pembinaan
dan pengembangan berbagai hal yang bersifat teknis di bidang pertanian.
F.
Pembinaan
dan pengembangan berbagai hal yang bersifat teknis di bidang perkebunan.
F.MANFAAT:
BIDANG KEAGAMAAN
A.
Sasaran
utamanya adalah pada keluarga muda,yaitu kepala keluarga dengan anak balita
atau anak remaja dengan tujuan agar kedua orang tua tidak saja memahami masalah
agama tetapi bisa menjadi panutan bagi anak anaknya dalam menghadapi masalah
keagamaan sejak dini.
BIDANG KEWIRAUSAHAAN
A.
Menjajaki kerja sama dengan
perusahaankecil,menengah,dan besar atau menjajaki kegiatan usaha di desa dengan
tujuan agar remaja yang siap kerja memperoleh kesempatan untuk dititipkan
sebagai magang dalam proses pemberdayaan wirausaha.
B.
Memfasitasi
terlaksananya berbagai pelatihan kewirausahaan serta dukungan pendampingan baik
bagi mereka yang memulai berwirausaha.
BAB II
PROGRAM
KERJA
1.
BidangKeagamaan
1.1. Program kerja
a.
Melakukanbimbingandanpengajaran
di TPQkepada anak- anak di DusunNgancar,Karangasem dan Dungringin.
b.
Melakukan
bimbingan menghafal surat surat pendek.
c.
Melakukan
kegiatan dan lomba adzan,tulisan kaligrafi,dan
hafalan.
1.2.TUJUAN KEGIATAN KERJA
Kegiatan yang telah kami laksanakan memiliki
tujuan,diantaranya.
a. Meningkatkankemampuananakdalambidangkeagamaandanlebihmandalamiilmu
agama
b. Melaluikegiatanpengajian di TPQinidiharapkanmanambahkeimanandanketakwaansertaberkarakterIslami.
c. Meningkatkankemampuananakdalammenghafalsurat-surat
di Al-Qur’an
1.3.Target yang akandicapai
a.
Target Kualitatif
1.
Tersedianyapenerusbangsa yang
berahlakulkarimahdanberkarakterIslami
2.
Anak-anak
mengetahui makna pentingnya ilmu agamadan memahami bagaimana membaca Al-Qur’an denganbaikdan benar.
b.
Target Kuantitatif
1.
Terlaksananyakegiatanpengajarandanpembinaan
di TPQ untukanak–anakDusunNgancar.
2. Terwujudnya anak-anak generasi
muda yang mampu dan bisa mengamalkan syari’ah keagamaan.
3.
BidangKewirausahaan
3.1
Program Kerja
Memberikan pelatihan industri rumah tangga
membuat roti kabin dan sale pisang.
3.2
Tujuan Kegiatan Kerja
Memberikan pengetahuan dan bimbingan cara
pengolahan roti kabin dan olahan sale pisang supaya dapat dipasarkan di luar
daerah.
a.
Target Kualitatif.
Masyarakat
mengetahui pentingnya berwirausaha yang dapat dihasilkan dari hasil kebun yang
berguna untuk dibuat produk yang berkualitas dan mutu makanan yang sehat dan
terjamin.
b.
Target Kuantitatif
Terlaksananya
pelatihan usaha sale pisang dan dipasarkan kepada ibu ibu pkk dan membuat roti
kabin dari roti crispy yang hasilya digoreng.
BAB III
PENUTUP
Segala puji bagi
Allah SWT yang telah memudahkan terlaksananya kegiatan KKN di Dusun Ngancar desa Ngancar
sehingga laporan akhir individu ini bisa terselesaikan. Di bagian penutup ini
saya ingin memberikan beberapa kesimpulan dan beberapa saran.
A.
Kesimpulan
1.
Secara umum, program
kerja individu yang telah direncanakan sebelumnya dapat direalisasikan dengan
baik.
2.
Pelajaran dan pengalaman yang sangat
berharga dalam hidup bermasyarakat telah saya peroleh setelah mengikuti
kegiatan KKN ini.
3.
Dengan adanya program
KKN ini, anak-anak termotivasi untuk membangun diri mereka, terutama sumber
yang berkenaan dengan ilmu agama.
B.
Saran
1.
Kepada panitia
pelaksanaan program KKN agar dapat terus melaksanakan kualitas pelayanan, agar
KKN di masa yang akan datang terlaksana dengan baik.
2.
Kepada Dosen Pembimbing
Lapangan, dimohon dengan sangat untuk
lebih mencurahkan perhatian dan bimbingannya kepada
peserta KKN, meskipun periode KKN angkatan ke-22 sudah resmi berakhir.
3.
Kepada seluruh jajaran
pemerintahan Desa Ngancar, saya berharap tetap mementingkan pendidikan kepada
anak-anak pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, baik pendidikan akademik
maupun tingkah laku, serta semangat swadaya yang selama ini sudah dikembangkan
agar tetap mengakar ke seluruh lapisan masyarakat agar kesejahteraan dapat
terus tercapai.
Demikian Laporan
Akhir Individual
ini saya susun berdasarkan data-data dan dokumentasi yang ada, dengan harapan
dapat mempermudah pelaksanaan evaluasi dan penilaian. Saya menyadari bahwa laporan akhir individual
ini jauh dari sempurna, maka kritik dan saran yang membangun senantiasa
diharapkan dalam mengevaluasi program yang dilaporkan ini.
LAPORAN PELAKSANAAN
PROGRAM INDIVIDU
KULIAH KERJA
NYATA (KKN)
TEMATIK
POSDAYA ANGKATAN KE-22
Disusun oleh:
NAMA : RIZKI BERTA KURNIAWAN
NIM : 1088203028
PROGRAM
STUDI : PENDIDIKAN
BAHASA INGGRIS
KELOMPOK : 38
DUSUN : NGANCAR
DESA : NGANCAR
KECAMATAN : GIRIWOYO
KABUPATEN : WONOGIRI
PROVINSI : JAWA TENGAH
KULIAH KERJA
NYATA (KKN)
STKIP PGRI
PACITAN
2014
0 Response to "CONTOH LAPORAN KKN STKIP"
Post a Comment